Menu


Selama kuliah desain grafis, saya belum mendapat gambaran jelas bagaimana Membuat Film animasi. Setelah surfing di internet, akhirnya saya mendapat penjelasan simple tapi jelas bagaimana cara membuat Film Animasi.

Melalui Akun Youtube "Bloop Animation", Morr Meroz Akan Menjelaskan kepada anda langkah-langkah cara membuat Film animasi

1. Story (Pembuatan Cerita)
Semua dimulai oleh cerita, anda harus mempunyai cerita yang semenarik mungkin. Tidak peduli segala usaha yang akan anda berikan dalam pembuatan animasi, mau desainnya luar biasa, grafis yang sangat halus, semuanya sia-sia jika anda tidak memiliki cerita yang menarik.

"Cerita dapat berubah atau berkembang selama proses pembuatan Film Animasi."


2. Script (Pembuatan Dialog dan Ekspresi)
Anda Sudah mendapat cerita yang menarik. Tahap selanjutnya anda harus menulis script. Script ini membuat anda mendapat gambaran jelas dari keseluruhan dialog untuk membentuk cerita yang anda buat. 

"Penulisan script berisi dialog dan ekspresi yang akan muncul oleh setiap karakter animasi bahkan narator."


3. Storyboard (Pembuatan Storyboard)
Storyboard sebenarnya seperti komik strip yang memperlihatkan sudut kamera dan Posisi utama karakter di setiap scene. Pembuatan storyboard tidak harus sedetail mungkin hanya cukup memberikan anda feel animasi pada setiap scene.

4. Animatic (Pembuatan Animasi Kasar)
Setelah membuat storyboard, anda harus merealisasikan semua gambar pada sofware editting program dan menambahkan suara. Suara tidak harus suara dari aktor, cukum menggambarkan dialog setiap karakter dalam animasi

Pada proses inilah anda dapat menonton seluruh cerita animasi anda. Pada saat inilah anda dapat mengubah jalannya cerita jika ada yang kurang atau untuk melengkapi cerita.

Proses ini memakan waktu yang sangat lama karena semua proses harus dipastikan berjalan tepat. Jika anda rubah cerita pada prosesselanjutnya, akan jauh lebih susah daripada proses ini.


5. Modelling (Pembuatan Model)
Proses ini membuat model 3D berdasarkan desain karakter anda.

3D Model adalah model polygon yang tidak dapat bergerak, dan melakukan apa-apa. Biasa warnanya adalah warna abu-abu.


6. Rigging (Pembuatan Kerangka model)
Agar model anda dapat bergerak, anda harus menambahkan kerangka pada model. Seperti Action Figure yang memiliki sendi agar dapat bergerak berdasarkan sendinya, begitu juga pada 3D model.

"Anda harus memastikan gerakan apa yang bisa dilakukan dan apa yang tidak bisa dilakukan oleh model tersebut."

7. Pre Visualization / PreViz
Akan saya Lanjutkan besok...

0 comments:

Post a Comment

 
Top