Menu

Pernah mau perbaiki Laptop Teman / Keluarga tapi mereka lupa passwordnya? Salah satu Cara adalah menginstall ulang Operating Systemnya.

Bagimana Jika ada data penting di dalam perangkat tersebut?
Berikut tips cara Bypass atau Reset Password Di setiap OS

Saya akan Share Cara Resmi Maupun Cara Tidak Resmi untuk Bypass atau Mereset Password Di Setiap OS


1. Bypass / Reset Password Pada Windows

Cara Resmi:
"Password Reset Disk" merupakan cara resmi mereset Password jika anda lupa password terakhir anda.
Idealnya anda harus menyimpan Password Reset Disk untuk setiap akan membuat password baru.

Untuk Membuat Password reset disk:

1. Masukan flask disk anda.
2. Buka Start -> Control Panel -> User Accounts and Family Safety -> User Accounts.
3. Pada panel kiri, klik Create a password reset disk, dan ikuti instruksinya. Pastikan anda menyimpan password reset disk di tempat yang aman.

Cara Tidak Resmi:
Tools  Offline NT Password & Registry Editor dapat mereset password user pada OS Windows. Windows menyimpan data user (password terenkripsi) pada file yang bernama 'sam'. File ini biasa ditemukan pada \windows\system32\config dan pada bagian registrynya, dalam format biner sebelumnya tak terdokumentasi. Sekarang, user akan tahu, cara ini tidak mudah diakses. Tools ini membantu kita untuk mengerti regristry dan membantu anda.


2. Bypass / Reset Password pada Linux

Contoh kasus pada Ubuntu, semua linux distro memiliki recovery mode pada Default Grub boot menu. Pergi ke Advanced options > Recovery mode untuk mengakses boot menu ketika booting. (Jika anda tidak menahan tombol shift ketika boot akan mengantarkan anda pada opsi ini). Ketika anda sudah melakukan ini, anda bisa mengakses langsung ke root shell.

Jika malas bikin hal diatas, anda bisa langsung menekan tombol 'e' untuk meng-Edit Ubuntu boot Options. Anda dapat booting lansung ke root shell untuk mengakses lebih lanjut dari main Grub menu.

Dua langkah diatas membirikan anda akses ke root shell. Sehingga anda dapat mereset/ganti password pada Ubuntu.


3. Bypass / Reset Pasword pada Chrome OS.

Chromebook dan OS Chrome mulai menjadi trend dewasa ini. Semua user Chromebook akan terintegrasi pada akun Google. Anda dapat mereset password Chromebok anda pada fitur reset password Google Account pada website google.

Cara lain adalah ketika booting pada Chromebook, pada halaman sign-in, tekan Ctrl + Shift + Alt + R bersamaan. Tombol tersebut akan meng-popup untuk melakukan Factory Reset. Ketika sudah Tereset, anda dapat log in dengan Akun google yang baru. Otomatis Factory Reset akan menghapus semua data sebelumnya.

4. Bypass / Reset Password pada Mac OS X

Restart Mac -> tahan tombol Command + R. Tombol tersebut akan mengantarkan anda pada recovery mode. Dalam recovery mode, anda dapat memilih utilities -> Terminal. Ketik "resetpassword > tekan Enter" untuk membuka halaman Reset Password.

5. Bypass / Reset Password pada Android

Jika anda lupa passowrd / patern lock screen anda, Jangan khawatir, anda dapat dengan mudah meresetnya. Ketika sudah berkali-kali anda salah menginput password / pattern, akan muncul pilihan "Forgot Password". Anda dapat menggunakan Google account untuk mendapatkan akses ke perangkat anda.

Jika anda tidak memiliki info ini, anda dapat menggunakan fitur USB debugging (sebelumnya enable dulu). Gunakan Android Debug Brige untuk memanipulasi perangkat anda via USB.

6. Bypass / Reset Password pada iOS

Tidak seperti Android, anda tidak akan mendapatkan akses mudah dari Apple ID ke iPhone, iPad, atau iPod Touch. Jika anda lupa password, satu-satunya cara adalah melakukan "Factory Reset"

0 comments:

Post a Comment

 
Top